Diriku Istimewa

Posted: 25 April , 2008 in Story

Pada zaman dahulu, hidupla seorang guru yang sangat bjaksana. Dia membuka sekolah kehidupan yang bertempat di punggung gunung, yang dibawahnya terbentang persawahan dan perkampungan penduduk .Sekolah ini menarik, yakni mengajarkan bagaimana setiap orang ingin hidup lebih baik, menyediakan diri untuk menyepi sambil dibimbing oleh sang guru. Setelah dirasa cukup, setiap murid yang dipandang mampu oleh guru disuruh menyebarkan kebenaran-kebenaran tentang kehidupan.

Ada seorang murid yang dianggap pantas untuk segera menamatkan di sekolah kehidupan ini. Pemuda tersebut cerdas, memili komitmen, visi dan integritas yang tinggi, namun sayang sekali, dia mengalami keslitan berbicara alias gagu. ketika sang gur menawarkan kepadanya untuk segera “turun gunung”dalam rangka menawarkan kebenaran -kebenaran kehidupan , Dia merasa belum pantas dan masih terlalu muda. Bagaiman mungkin ia yang masih relatif muda mampu memberitakan kebenaran kepada penduduk desa tempat tinggal, apalagi ia mengalami gangguan berbicara.

” Guru yang saya hormati, terimaksih jika guru memandang saya mampu untuk turun gunug pertama kalinya menyampaikan misi kebenaran kehidupan. Seperti yang guru ketahui, saya sendiri mangalami ganguan berbicara , tentu guru tidak ingin saya nantinya menjadi bahan tertawaan.”

Sambil tersenyum, guru ini meminta sipemuda menuliskan apa yang dirasakannya ketika guru memberiakn sesuatu keemlutnya . Ketika sang guru ingin memberikan potongan mangga yang asam kemulut si pemuda , ia pun menulis “asam “. Lalu ia memberiakn potongan pepaya yang manis kemulut pemuda ini, ia pun segea menulis “manis”. kemudian sang guru mengajak agar pemuda ini melihat bagimana ia memberiakan kedua potong makanan tersebut kepada burung beo miliknya.Ketika potongan mangga yang asam diberikan kepada burung beo, burung beo ini berteiak, “asam…asam…!” lalu, burung beo tersebut diberikan potongan pepaya yang manis, dan kembali burng beo tersebut berteriak dengan suara keras, ” Asam…asam..!”

Guru tersebut mengatakan bahwa kebenaran bukan merupakan suatu yang harus dihapalkan dan diucapkan saja. kebenaran merupakan suatu yang diyakini benar dan tidak melanggar kaidaha-kaidah Sang Pencipta . Seseorang leih memercayai kebenaran melalaui tingkahlaku dari pada ucapan-ucapan yang indah.

Sebuah piano bukan benar-benar piano jika tidak pernah dimainkan dan ddengarkan suaranya dalam melantunkan lgu-lagu yang merdu. Janganla anda seperti botol madu yang setiap waktunya menyimpan madu, namun belum pernah merasakan betapa manis dan berkasiatnya madu tersebut. kebenaran merupakan tindakan yang bisa menular pad orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Salah satu fakta penting tentang manusia yang dipandang sebagai satu kebenaran adalah bahwa manusia diciptakanbegitu istimewaoleh Sang Pencipta. Sang Khalik tidak peranah ecewa dengan kehadiran dan kelahiran seoranganak. Manusia dikarunia berbgai macam kemampuan yang membuat dia mampu untuk menguasai dan megelolah alam semesta ini sebaik mungkin. Manusia sangatlah unik. Sealipun anak kembar, tetapi tetap memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Proses kejadian manusiassangatla dasyat, untuk membuahi sel telur, satu sel sperma harus berkompetisi dengan jutaan sel sperma yang lain dan hanya satu saja tau beberapa yang menjadi pemenangnya, yaitu kita seperti sekarang ini.

Film Keajaiban dunia karya Harun Yahya, sangat elas menggambarkan bagaimana kejadian manusia yang sangat uni. keajaiban lainnya adalh manusia memiliki denyut jantung 100.000 ali/hari, memompa 25.000 liter darah/hari keselurh tubuh, mata ampu membedakan lebih dari 10 juta warna, panjang pembulu darah mencapai mencapai 100.000 dan jika disambungkan dengan serat-serat otot yang diemiliki ternyta mampu memberika kurang lebih 25 ton daya tarik ekuatan otot apabilah eseluruhan otot disalurkan kearah yang sama.

selain itu dalam kurun waktu yang 24 jam, jantung orang normal berdenyut 103.69 kali darah meempuh peralanan sepanjang 168.000.000 mil, bernapas sebanyak 23.040 kali, meghirup udara sebanyak 438 M3, menelan 1,5 kg makanan, dan minum 3,5 liter cairan berkata -kata sebnyak 25.000 kata, menggerkkan 750 otot, kuku tumbuh sepanjang 0.00012 cm,dan rambu tumbuh sepanjang 0.94353 cm. lebih ajaib lagi, semua ini diperintahkan oleh sebuah organ yang besarnya sebesar kepalan tangan dan dengan berat kurang lebih1,5 kg yakni otak.jika diteliti lebih lanjut , otak ini terdiri atas satu triliun sel otak, yang jumlahy setara dengan 167 kali jumlah penduduk bumi. Setiap sel mampu bekerja lebih hebat dari PC komputeryang kita miliki hingga keluaran produk yng paling mutakhir sekalipun.

Begitu ajaibnya manusia sehingga tidak seorang pun yang berhak sombong karen semua yang dimiliki sesungguhnya anugerah Sang Pencipta.

Sipakah yang didunia ini yng lahir tanpa kekurangan? jawabnya, tidak ada! Kalaupun manusia melihat yang ada yang begitu sempurna, pada dasarnya ia belum sempurna karena mungkin ada kekurangan yang masih ditutupi agar tidak terlihat oleh lingkungannya.

Langkah yang penting saat ini adalah bagaimankit menrima keberadaan diri apa adanya dan melihat potensi diri yang masih bisa dikembangkan lebih lanjut.

Survei mencatat, begitu banyak tokoh- tokoh terkenal didunia ini yang lhir dengan segal kekurangan, tapi mapu merubah dunia an memberikan karya terbesar dalm sejarah umat mnusia. Missalny, Louis Braile ( 1809-1852), adlah seorang laki-laki yang prstasi karen sebelah matanya tertusk sewaktu bermain-main dengan pelan dan pelengapan kuda di toko ayanya pengobatan kli itu belum selengkap saat ini. Luka pada mata Bral semakin parh infeksi pada matanya menyebbkan kebutaan total. ondisi demikian tidak membuatnya srt unutk beljar dia tetap menikmati pelajaran disekolahnya. namun sayangny dia tidak dapat melihat dan menulis. saat itu, Bral nya mengandalkan teliga saja untuk menyerap ilmu yang didapatnya. Selnjutnya, Brail bersekolah disekolah khusus anak-ank tunanatra. Ketika itu, ia mulai belajar dan mencoba benda-benda timbul yang dirasakan oleh tangan dan dikaitkan dengan makna tertentu. ketidak sempurnaan brille dan didukung oleh te4kad yang kuat, telah membuahkan hasil spektakuler yang luar biasa hingga saat ini. buah karyanya, huruf brille telah membukakan pintu pengetahuan bagi orang-orang tunanetra. saat ini, apakah kita terlalu merasa tidak berdaya untuk melayani orang lain? sang khalik mengetahui setiap kekurangan hamba-Nya dan dia juga turut bekerja untuk mendatatagkan kebaikan kepada orang-orang yang dikasihi-Nya. Zig-Zhiglar, seorang motifator ulung mengatakan, ” jika anda kecewa dan mengeluh terhadap dirimu sendiri dngan segala kekuranganmu, datnglah kepada arsitek yang merancang dan menciptakan dirimu itu”.

jadi mulai saat ini, lakukan perbuata baik dan positif yang bisa dilakukan sekecil apa pun. tutup mulut untuk berkeluh kesah, upayakan senantiasa bersyukur, serta lakukan inventarisasi kelebihan dan kekurangan diri. dengan sering mengucap syukur dan merenungkan makna kehidupan, kita akan semakin menyadari bahwa sebenarnya setiap manusia berharga dan istimewa dimata sang pencipta untukmenjalankan kebaikan kepada sesamanya.

coba baca tulisan puisi berikut dengan saksama :

ENGKXU SXNGXT BERHXHXRGX

bilxmxnx engkxu tergodx untuk

membolos sehxri txnpx

memberitxhukxn xtxsxnmu,

dxn engkxu berpikir

bxhwx kehilxngxn sxtu orxng tidxk

xkxn membuxt bxnyxk perbedxxn,

sebenxrnyx engkxu sedxng menempxtkxn

xtxsxnmu dxlxm posisi seperti

mengetik dengxn sxtu hurupnyx hilxng.

dix dxpxt menggxnti huruf itu dengxn

huruf yxng lxinnyx

seperti yxng kitx lxkukxn seklxrxng,

bilx mxnx orxng yxng tepxt

berxdx pxdx tempxt yxng tepxt.

mengapa anda bisa membacanya ? sederhana saja karna huruf “A” yang mestinya menempati huruf “X” tersebut. sekalipun bisa dibaca degan baik, namun tetap saja mata tidak bisa dibohongi. hal itupunmenunjukan betapa istimewanya “A” sehingga memeang huruf itulah yang harus hadir ditengah-tenngah tulisan tersebut agar cocok.

komitmen untuk memperkuat refleksi dan inspirasi diri:

1. saya merasa begitu istimewa setelah saya merenugkan apa yang dikatakan jonh wesli, demikian ” saya tidak dapat menghentikan burung yang terbang melintas di kepala saya, tetapi tentu saja saya dapat menghentikannya ketika dia membuat sarang di rambut saya !”

2. tubuhku adalah ciptaan sang khalik yang palingsempurna diantara seluruh ciptaan. oleh karna itu, saya tidak akan merusakkannya dengan pergaulan bebas maupun kebiasaan-kebiasaan yang dapt merusakkan tubuh ini.

3. sudah selayaknya saya mnsyukuri apapun kondisi saya saat iani karna saya begitu istimewa telah diciptakan .

4. selama masih ada nafas kehidupan berarti saya masih diberi kesempatan untuk bernuat bagi sesama dengan saya saat in. suatu kesempatan emas yang tidak akan sia-siakan.

5. bagi saya hati merupakan organ penting yang memancarkan kehidupan. oleh karna itu, saya akan menjaga hati saya dengan segala kewaspadaan supaya tidak ytercemar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s