Pengalaman Mengajari Banyak Hal

Posted: 8 September , 2013 in Story

Asslmmu’alaikuum,, Met  malam temans. Kali ini saya akan berbagi sedikit apa yang pernah saya temui, lihat dan pelajari kemudian mencicipinya 😀 apakah itu? hmmm, itu adalah “Food” Hidup untuk makan atau makan untuk hidup? Saya pilih opsi ke-dua. 🙂

Lanjut…

Setelah enam tahun berada dilingkungan parawisata. Tentunya nama-nama makanan aneh itu sudah tak begitu asing ditelinga :p  enam tahun bersama kakak, mama, dan abah. Setelah lanjut SMP saya harus memilih berpisah dan  tinggal bersama Kim dan Mimi (My Aunt) selama enam tahun. Kim Hessel kebangsaan Denmark dan Mimi Gorontalo/manado. Saya tidak akan membahas cerita itu disini secara detail, yang akan saya jelaskan hanyalah bagaimana saya mengenal dan bisa mempelajari makan-makanan khas internasional ini sejak kelas satu SMP.

oke… Makanan pertama Adalah Burrito

imagesBurrito adalah salah satu makanan khas Meksiko. Mirip-mirip Kebab juga ya,, Makanan ini terdiri atas Tortilla gandum yang diisi dengan berbagai macam daging seperti daging sapi, ayam dll. Daging-daging yang sudah dimasak ini biasanya hanya isi satu-satunya, dan kemudian digulung dengan tortilla tadi. Di Amerika serikat, isi dari burrito lebih bervariasi, seperti nasi, kacang merah, kubis, tomat, saus salsa, guacamole, keju dan sour cream — ini menyebabkan ukuran burritonya menjadi lebih besar. Tortilla gandum tadi biasanya dipanggang atau dihangatkan sebentar supaya menjadi lebih empuk dan lebih mudah untuk digulung.

Kata burrito, dalam bahasa spanyoll, berarti “Keledai kecil”. Nama ini mungkin diberikan karena bentuk ujung tortilla gandum yang telah digulung mirip dengan telinga keledai. Atau mungkin juga burrito mirip dengan kantong-kantong yang biasanya digendong oleh keledai di Amerika selatan.

Nah saya mengetahui makanan ini ketika kelas satu SMP. Waktu temannya Kim dan mimi datang kerumah dan mendemonstrasikan Burrito. Tapi temannya ini bukan orang Meksiko melainkan kebangsaan Swiss. Saya lupa namanya. hmm

Dia memasak burrito ini dengan jumlah porsi yang lumayan besar. Saat itulah pertama kali saya melihat langsung cara memasak burrito dengan bahan-bahan yang telah dia sediakan. Setelah selesai masak kita dipersilahkan tuk mencicipinya. Rasanya Wenaaak. Sekarang kalau membeli burrito ini  harganya sekitar Rp. 30.000. Kalau mahasiswa yang sekolah di Amerika ketika membeli burrito dan menunjukkan kartu mahasiswanya langsung dapat potongan harga (dengar dri teman). Tapi memang harus berhati-hati juga membeli makanan disana.

Makanan Ke-dua adalah spaghetti.

2Makan ini sebenarnya waktu SD saya sudah pernah mendengarnya dan mencicipinya, tapi kalau untuk cara memasaknya saya baru pelajari  ketika tinggal bersama mimi waktu SMP.  Spaghetti adalah Mi’ Itali semua oang pasti sudah mengenalnya, dan tidak asing lgi ditelinga, Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah Spaghetti alla Bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parut. Banyak hal yang saya pelajari ketika tinggal bersama mereka.

Makanan ke-tiga adalah Lasagna

lasagnaLasagna atau Lasagne adalah Pasta yang dipanggang di Oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera.

Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang sampai matang. Memasak Lasagna lebih ribet dari spaghetti, ya jelas, karena kita harus membuat pasta terlebih dahulu, saya di ajari sama mimi memasak lasagna saat kelas tiga SMP kalau nggak salah ingat.

Masakan ke-empat adalah Guacamole

4Guacamole adalah makanan tradisional Meksiko yang terbuat dari bahan dasar Alpukat, ditambah dengan Lemon dan Garam. Sejarah makanan ini dapat dirunut hingga zaman kerajaan Aztec. Aztec adalah orang Meksiko yang berasal Amerika Tengah. Masakan suku Aztec ini bernama Guacamole. Guacamole merupakan masakan tradisional Meksiko yang sangat terkenal. Guacamole dibuat dengan bahan yang sederhana yaitu alpukat, bawang bombai, dan tomat. Biasanya Guacamole dimakan bersama Tortilla, Tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum dan Guacamole  adalah salah satu menu pembuka. Pertama kali mempelajari masakan ini, ternyata tidak sebegitu ribet dari lasagna atau yang lainnya. Cukup membuat Saus Guacamole aja. Pas mencicipinya karena belum terbiasa, leher saya sepeti tidak menerima. Tapi setelah di ajari sama mimi makannya pake krupuk gandum, ternyata memang enak. 😀

Makanan ke-lima adalah Mashed Potatoes

5Aligot atau Mashed Potatoes adalah hidangan tradisional yang berasal dari Aubrac (Aveyron, Cantal, Lozère, Midi Pyrenees) sebuah daerah di bagian selatan Massif Central dari Perancis. Hidangan ini dibuat dari keju yang dilelehkan dan dicampur dengan kentang yang dihancurkan atau mashed potatoes, seringkali juga dicampur dengan bawang putih. Mashed Potatoes juga sebagai hidangan pendamping steak. Cara memasaknya tidak terlalu sulit, rasanya enak, tapi kalau terlalu banyak jadi “enek” 😀 (Sumber: Wikipedia)

Semuanya saya pelajari ketika SMP dan masih banyak lagi masakan-masakan yang lain. Tapi saya udah capek ngetik. Setelah tinggal bersama Mimi dan Kim banyak pengalaman yang saya peroleh.

Meski sudah pernah membuat dan merasakan makan-makan ini, saya tetap cinta masakan indonesia khususnya masakan Manado 🙂

Tinggalkan Balasan

