Tidak ada jalan pintas menuju juara!

Posted: 13 Oktober , 2013 in Story

Euforia masyarakat indonesia tergambar jelas tadi malam. Setelah Tim Garuda Muda U-19 berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2. Situs jejaring sosial pun dibanjiri dengan status ‘BOLA’ oleh para pendukung-pendukungnya. Lebih- lebih saya yang menyaksikan pertandiangn tersebut melalui saluran TV di kost tercinta bersama abi 😀  Histeris, tegang bercampur jadi satu. Setelah pulang kuliah jam 18.00 pm kemarin. Rasa tak sabar menunggu pertandingan tersebut. Setalah pertandingan berakhir dengan skor 3-2 yang dimenangkan oleh tim garuda muda U-19. Hati pun haru bahagia.

Bagaimana tidak, setelah garuda muda U-19 berhasil mengalahkan Vietnam dalam ajang piala AFF beberapa minggu lalu. Yang kita tahu bahwa indonesia tidak pernah menang  merebut piala AFF sejak 22 tahun. Namun dengan kehadiran pahlawan-pahlawan baru pahlwan indonesia U-19. Seperti menyihir semua masyarakat indonesia. Bahkan tak hanya indonesia tapi seluruh penjuru dunia. Semua mata tertuju kepada generasi penerus masa depan ini.

Setelah semalam mengalahkan korea dengan skor 3-2 di ajang piala AFC, akhirnya indonesia di nyatakan lolos dalam piala AFC. Pola permainan yang sangat luar biasa. Permainan semalam mirip skali dengan gaya barcelona. Meski hujan deras membasahi stadiun GBK tidak menyurutkan semangt mereka. Permainan sempat terhenti karena lapangan tergenang air. Dan akhirnya pertandingan dilanjutkan setelah air di lapang surut,  dan cuaca kembali membaik.

1382054_612318342144648_978255779_nHujan membawa rahmat, membawa kabar baik untuk indonesia tadi malam. Sujud syukur dilakukan para pemain setelah peluit yang ditiup sang wasit menandakan pertandingan berakhir, dan membawa kemenangan untuk indonesia 3-2. Anak-anak ini kembali membuktikan mereka bisa. Garuda muda U-19 kembali mengharumkan nama bangsa. Sungguh kami terharu dengan sujud syukur mu. Bisa mengalahkan korea yang telah menjadi Juara bertahan selama 12 kali pertandingan.

Tidak ada yang mustahil di dunia ini jika kita mau bersungguh-sungguh. Tentu kedisiplinan, kesabaran, tekun dan team work yang baik membawa indonesia gemilang.  ”Meraka bukanlah apa-apa, indonesia harus menang, harus juara!” “Disiplin adalah kunci utama” Tutur pelatih U-19 Indra Sjafri kemarin dengan mantap.

Sudah cukup kita dikucilkan, dihina, direndahkan, berbagai macam masalah yang muncul di PSSI membuat indonesia semakin terpuruk. Bangkit, bangkit dan bangkit! Kita harus percya diri, kita bisa. Kalian adalah pahlawan-pahlawan baru itu.

Saya sangat terharu, nangis entah kenapa mungkin sedikit berlebihan. Terharu atas pencapain-pencapain yang telah mereka lakukan. Karena kemenangan hari ini adalah ketekunan, kedisiplinan, kesungguhan, keseriusan mereka latihan dihari-hari kemarin, dan yang terpenting dari semua itu adalah Doa.

Saya rasa pelatih bola atau pelatih olahraga apapun pasti memberikan motivasi yang sama.

kata-kata Indra Sjafri pelatih U-19 itu. Mengingatkan kembali memory saya yang saat itu  berumur 18 tahun. Karena pada usia 18 thun saya berhasil masuk pelatihan daerah (Pelatda) bersama teman-teman atlet yang lain. Tentu dengan semangat motivasi yang selalu diberikan pelatih saat saya bertanding.  Kami yang tergabung dalam pusat pembinaan latihan pelajar (PPLP) dimana Seluruh Atlet olahraga terkumpul disini. Sekolah kami dibiayai pemerintah. Menjadi atlet daerah yang dipersiapkan untuk bertanding di ajang nasional. Kemudian diseleksi sampai ke Pelatnas dan akhirnya dapat mewakili indonesia berlaga di ajang internasioanl. Semua itu bermula dari ‘Nol’. Mengikuti kejuaraan dan berkali-kali kalah. Akhirnya kekalaha-kekalahan itu membuat saya bangkit dan bisa mendapat kesempatan bergabung dan latihan bersama teman-teman Atlet senior.

Latihan berbulan-bulan. Pembuktiannya hanya 3 ronde di atas matras. Tentu semuanya tidak mudah. Kemenangan hari ini ditentukan keriusan kita berlatih dihari kemarin. Dan kemenangan hari esok ditentukan keserisuan kita berlatih hari ini.

Dan itulah yang dilakukan Garuda muda U-19. Adanya Hasrat, Semangat, Ambisi, Emosi untuk meraih juara tergambar jelas dalam pertandiangan tadi malam. Latihan yang sungguh-sungguh, mentalitas, kedisiplinan dan Doa membawa Indonesia pada puncak kemengan.

Teruslah berprestasi atlet-atlet indonesia. Berlatih dengan semangat dan pantang menyerah.

Karena bagi saya tidak ada jalan pintas menuju juara!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s