Transformation Value

Posted: 5 November , 2013 in Artikel-artikel

AssalmMualaikum…Tidak terasa waktu bergulir amat cepat. kini Qt telah memesuki Tahun baru Islam 1 Muharam 1435 Hijriah, atau juga di kenal dengan bulan-nya Allah, bulan anak yatim, bulan evaluasi.

Ada baiknya kalau Qt sempat berfikir sejenak. Pernakah Qt bersyukur selama satu tahun. Qt diberikan nikmat hidup yang tiada tara ( nikmat, iman, islam, sehat, dengan nikmat kesempatan begitu juga dengan nikmat yang tidak tampak dari-Nya ).

karena dimana Dekade ini, Qt menuliskan kembali Cita-cita kita tertinggi, menata, menyusun kembali serpihan tekad dan semangat untuk mewujudkan doa-doa panjang Qt dipenghujung sunyinya malam.

Memaknai kembali hijrahnya Nabi Muhammad SAW. ke madina, dimana wakt itu penuh suka maupun duka. Seharusnya makna historis tersebut menjadi momentum bagi Qt untuk menpak tilas perjuangan zaman nabi, bukan sebaliknya.

Dalam konteks kekinian, hijarah tersebut lebih dimaknai  sebagai Hijrah Mental. Hijrah dari perilaku buruk ke perilaku baik. Atau perilaku baik ke perilaku lebih baik lagi. Dari perilaku bebas nilai menjadi bebas dinilai. Berpindah dari kondisi hidup yang penuh kemisninan menjadi produktif, dari hidup yang mengekor menjadi pribadi yang mandiri.

Moment hijriah ini, mari Qt sama-sama melihat kembali catatan masa lalu, untuk  lebih memperbaiki, dan meningkatkan kembali  kualitas hidup. Bukan  merayakannya dengan kegiatan-kegiatan yang sejuta pesona, tapi kosong dari segi nilai. Kegiatan yang jauh dari nilai-nilai kesilaman, kegiatan yang jauh dari apa yang di contohkan Nabi muhammad SAW.

Tahun baru ini jadikan sebgai tahun pembelajaran, evaluasi.  Bagi seorang Muslim yang baik, bukan pergantian tahun itu yang penting, tetapi per-gantian malam dan siang. Allah menjadikannya sebagai tanda kekuasaannya. Me-renunginya berarti memenuhi sebagian sifat ulil albab dan hamba yang bersyukur (QS. 3;190-191/25;62). “Ia yang menjadikan malam dan siang silih berganti, bagi orang-orang yang ingin mengambil pelajaran atau ingin bersyukur”.

Sehingga yang Qt harapkan dari momentum 1 Muharam ini adalah  transformation value. Nilai-nilai Transformasi yang baik. Semangat perbaikan diri, dan selalu menjadi pribadi pembelajar. Dan inti yang terpentig dari semua itu adalah Niat. Berhijrah hanya untuk Allah SWT semata.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s